Friday 7 August 2009

Cara Mendaftarkan Blog atau Web di Search Engine

Setelah kita membuat blog atau web apakah otomatis akan terdaftar di berbagai search engine, ternyata tidak semudah itu, seperti kalau kita ingin blog kita dikenal dan dibaca orang lain, ada berbagai langkah yang harus kita tempuh diantaranya adalah dengan rajin dan rutinya kita blogwalking atau berkunjung ke blog milik orang lain, mendaftarkan ke berbagai agregator, dan yang paling efektif adalah melalui search engine atau mesin pencari.

Bagi blogger pemula mungkin ada anggapan bahwa apabila kita membuat website atau blog akan secara otomatis terindeks atau berada pada list berbagai search engine, namun kenyataannya tidaklah demikian, ternyata ada berbagai jalan yang harus kita tempuh. Seperti halnya sebuah sekolah, agar nama kita terdaftar pada buku daftar siswa, tentunya kita harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke sekolah tersebut. Sama halnya dengan mesin pencari, agar blog kita terindeks pada mesin pencari, maka kita harus terlebih dahulu mendaftarkan blog milik kita pada situs pemilik mesin pencari.Mesin pencari tentu jumlahnya sangat banyak sekali, dan pada saat ini yang paling terkenal di dunia adalah Google, Yahoo, serta Msn. Apabila blog kita ingin terindeks pada mesin pencari mereka, maka kewajiban kita adalah mendaftarkan URL blog kita pada mesin pencari mereka. Bila ada yang belum tahu ke manakah harus mendaftarkan blognya, maka silahkan simak tulisan berikut :

Daftar GoogleUntuk mendaftar ke google.

silahkan pembaca kunjungi http://www.google.com/addurl/, dan apabila sudah berada pada halaman pendaftaran ada beberapa langkah yang harus di lakukan, yaitu mengisi form yang di sediakan :

URL –> Isi dengan URL blog sobat.
Comments –> Isi dengan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan blog kita
Isi kotak kosong dengan huruf Verifikasi yang tersedia

Klik tombol Add URL Selesai.

Setelah kita melakukan pendaftaran ke Google, maka tidak serta merta blog kita terindeks pada mesin pencari nya, akan tetapi memerlukan 3 sampai 4 minggu baru kita sobat bisa terindeks. Jika sudah 3 sampai 4 minggu, maka cobalah ketik alamat blog kita pada mesin pencari google, apakah sudah terindeks atau belum? jika belum, coba tunggu beberapa minggu lagi, dan tuliskan kembali alamat blog kita, Jika ternyata masih belum juga, coba daftarin lagi blog nya ke google seperti langkah di atas. Atau mungkin sobat tidak sabar ingin cepat terindeks, sebenarnya bisa saja ini terjadi, hanya dalam 3 atau 4 hari saja blog sobat sudah bisa terindeks di google.

Daftar Yahoo!Untuk mendaftar ke yahoo!

silahkan kunjungi https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit. Akan tetapi untuk mendaftar ke yahoo, kita harus terlebih dahulu mempunyai account yahoo, karena di perlukan log in terlebih dahulu ke account yahoo. Bagi yang belum punya account yahoo (email di yahoo) silahkan bikin dulu, bagi yang sudah punya, sobat tinggal login dengan username serta password sobat. Apabila sudah login, nanti sudah tersedia kolom untuk di isi, silahkan isi kolom tersebut dengan URL sobat, kemudian klik tombol Add URL, selesai. Jika ingin memasukan alamat feed sekalian, sobat bisa memasukannya. Ingat, alamat feed di blogger hanya tinggal menambahkan atom.xml di belakang URL blog kita, contoh : untuk blog saya ini mempunyai alamat feed sebagai berikut :
http://sebarinfo.com/atom.xml
atau memakai www pun sama saja :
http://www.sebarinfo.com/atom.xml

Daftar ke MsnUntuk daftar ke Msn, silahkan kunjungi http://search.msn.com/docs/submit.aspx?FORM=WSDD2 silahkan kita isi huruf verifikasi dan URL kita pada kotak yang tersedia, kemudian klik tombol Submit URL, selesai.
Tugas sobat hanya mengisi alamat URL blog miliknya, serta menuliskan alamat email saja, kemudian klik tombol Submit Your Site.

Jika ingin lebih cepat terkenal coba lakukan ping ke bebagai agregator, silahkan klik alamat di samping ini : http://pingoat.com/

Kita tinggal mengisi form yang di sediakan.
Selamat mencoba dan semoga sukses selalu.

Sumber : merito.wordpress.com

1 comment:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete

Janganlah kita terlalu pelit dalam berbagi informasi