Saturday 22 August 2009

Mengenal Frekwensi CDMA (CODE DIVISION MULTIPLE ACCESS)

LATAR BELAKANG

CDMA awalnya digunakan untuk kepentingan militer yang sangat peduli dengan aspek keamanan.
Dengan menggunakan metode ini memiliki keuntungan sulit untuk dicuri-dengar (sniff).
Hal ini berbeda dengan 2 teknologi sebelumnya yaitu, GSM (Global System for Mobile Communication) dan AMPS (Analog Mobile Telephone System)

TEKNOLOGI CDMA (Spektrum Tersebar)

Teknologi komunikasi Generasi ketiga (3G) dan Generasi keempat (4G) menggunakan metode spektrum tersebar. Pada saat ini ada 2 cabang teknologi spektrum tersebar didalam 3G, yaitu : Wideband CDMA (W-CDMA) dan CDMA2000 1xEV-DO (Evolution Data Optimized).

W-CDMA atau dikenal juga dengan UMTS (Universal Mobile Telephony System) adalah pengembangan dari teknologi GSM.

Dalam W-CDMA digunakan spektrum sebesar 5 Mhz untuk satu kanal frekuensi pembawa, sedangkan pada CDMA 2000 digunakan pita selebar 1,25 Mhz.

Kedua teknologi W-CDMA dan CDMA tidak saling kompetibel, yang artinya pengguna W-CDMA tidak bisa mendapatkan layanan di CDMA.

MASALAH CDMA (Spektrum Tersebar)

Masalah-masalah yang timbul sebagai konsekuensi dari implementasi teknologi ini adalah :

1. Pengkerutan Sel ( Cell breathing)
2. Polusi Sinyal Pilot (Pilot Pollution).

OPERATOR BERBASIS SPEKTRUM TERSEBAR DI INDONESIA

Di Indonesia pada saat ini, operator yang menggunakan W-CDMA adalah :

Telkomsel
Exelcomindo
Indosat GSM
Natrindo
Hutchison

Sedangkan CDMA 2000 adalah :

Telkom Flexi
Esia
Mobile8
StarOne
Sampoerna Telekomunikasi (Ceria)

CDMA EV-DO REV-A

SMART Telecom

PERTIMBANGAN PEMILIHAN CDMA

PERTIMBANGAN TEKNOLOGI

GSM

GSM menggunakan teknologi TDMA (Time Division Multiple Access) yang menggunakan dasar antrian waktu untuk mengirimkan data.
TDMA hanya bisa bekerja secara multitasking, artinya, seluruh transmisi data dilakukan piece by piece, dan satu slot waktu hanya bisa mengirim satu slot data, sehingga sistem komunikasi data ini hanya bisa diukur berdasarkan kecepatan transmisi dan bukan lebar pita (Bandwith) transmisi.
Padahal streaming data tidak hanya berdasar pada kecepatan transmisi saja, tetapi juga pada bandwith.

CDMA

CDMA merupakan sistem komunikasi multi standart, itu yang menyebabkan ada beberapa handset yang tidak bisa digunakan di indonesia.
Sistem transmisi digital membuat CDMA memiliki kemampuan multithreading dan lebar pita data menjadi lebih berarti.
Sistem ini berimbas pada kemampuan sistem untuk mentransmisikan data secara bersamaan.
Besarnya data yang bisa dikirim tergantung seberapa lebar bandwith yang disediakan oleh operator.


TABEL KECEPATAN TRANSMISI DATA
GSM CDMA

Jenis StandartKecepatan Jenis Standart Kecepatan

GPRS 2,5 G 160 kbps CDMA 2000 1X 2,75 G 153 kbps
EDGE 2,75 G 384 kbps CDMA 2000 1X EV-DO Rel-0 3 G 2,4 mbps
W-CDMA 3 G 2 mbps CDMA 2000 1X EV-DO Rev-A 3 G 3,1 mbps
HSDPA 3,5 G 14,4 mbps CDMA 2000 1X EV-DO Rev-B 3 G 46,5 mbps

Pertimbangan Mobilitas

Ada 2 lisensi yang dimiliki oleh beberapa operator selular berbasis CDMA,
yaitu:

FWA (Fixed Wireless Access)

Memiliki karakteristik yang sama dengan PSTN atau telepon rumah.
Sehingga tata aturan dan pentarifannya mengikuti tata aturan dan
pentarifan PSTN.
Nomer FWA sesuai dengan kota yang bersangkutan dan tidak bisa
dipakai di luar kota tersebut.

Lisensi Seluler

Operator yang memiliki lisensi saluler, nomernya dapat digunakan di
kota mana saja sepanjang coverage yang dipunyai oleh operator
tersebut.

Pertimbangan Ekonomis

1. Alasan Teknis, Tarif lebih murah dari GSM

2. Alasan Market, Dengan penerapan tarif murah maka
diharapkan pengguna dapat berganti operator agar
komunikasi bisa lebih mudah dan murah.


KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN CDMA

1. Tarif lebih murah dari GSM, karena memakai material yang lebih murah dan efisien
2. Kecepatan data yang lebih tinggi sampai 153 kbps sehingga memudahkan
untuk transfer data dan browsing internet yang lebih cepat.
3. Tingkat keamanan yang lebih tinggi sehingga susah untuk di sadap.
4. Punya kemampuan soft handoff yang berfungsi sebagai alat/jembatan jika
signal CDMA berganti BTS atau dari sumber lain.
5. Dapat dioperasikan bersama dengan teknologi lain.
6. Suara digital CDMA lebih jernih.
7. Tiap sektor di BTS GSM hanya dapat digunakan oleh 23-43 pelanggan
bersama-sama, sedang pada CDMAone dapat sampai 63 pelanggan dan
di CDMA 2000-1x jauh lebih besar antara 105-147 pelanggan.

KELEMAHAN CDMA

1. Sinyal belum stabil, sehingga mempengaruhi tegangan baterai yang
menyebabkan baterai cepat habis.
2. Cakupan area yang belum seluruhnya dapat diatasi.
3. Nomer asal belum bisa digunakan di daerah luar secara permanen (FixeWirelessAccess).
4. Jika dalam satu area BTS melebihi kapasitas tampungan maka signal akan semakin menyempit.
5. Kebanyakan ponsel belum banyak aplikasi yang mendukung teknologi
CDMA seperti ponsel GSM.
6. Harga ponsel yang relatif lebih mahal.
7. Komponen ponsel cepat panas jika digunakan untuk percakapan.

Semoga Bermanfaat

4 comments:


  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل



    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. KISAH SUKSES SAYA JADI TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS. HERMONO, M.A yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku sekertaris utama BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0853-9845-2347
    kisah cerita saya awal jadi TKI
    Perkenalkan Nama saya ridwan kisah Sukses saya menjadi TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS. HERMONO, M.A yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku sekertaris utama BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0853-9845-2347
    kisah cerita saya awal jadi TKI
    Perkenalkan Nama Saya

    Ridwan surabaya jawa timur
    Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi Beliau.
    KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM.
    Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1.
    Pada pertengahan tahun 2016 saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah SEKERTARIS UTAMA BNP2TKI, DRS. HERMONO, M.A. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
    Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya'pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang.
    Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, suami saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam'nya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri.
    Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun suami saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga.
    MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG.
    Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk sekertaris utama BNP2TKI, DRS. HERMONO, M.A ini No Contak HP pribadi Beliau: 0853-9845-2347 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

    ReplyDelete

Janganlah kita terlalu pelit dalam berbagi informasi